Senin, 26 Januari 2015

NICHAYASiap Jadi Kepala Desa


MENGABDIKAN diri sebagai kepala desa. Itulah keinginan Nichaya ke depan. Kepala SDN 05 Perumahan Pondok Ungu Permai (PUP) itu pun, sudah membulatkan tekad akan mendaftarkan diri menjadi kandidat Kepala Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Pemilihan kepala desa (pilkades) tersebut akan dihelat pertengahan 2015.
“Saya ingin berguna bagi banyak orang. Itu merupakan prinsip yang selalu saya junjung tinggi sejak muda,” katanya kepada Info Bekasi Utara di rumahnya di bilangan Jl Pertamina, Babelan Kota, Rabu (26/11).
Menurut ibu tiga anak itu, dorongan agar memberanikan diri maju menjadi pemimpin Desa Babelan Kota dari masyarakat, membuatnya yakin menjadi peserta pilkades. Belakangan ini setelah pula mengajar, katanya, warga memang selalu silih berganti menyambangi rumahnya menyampaikan keinginan mereka. Bahkan, tamu yang silih berganti kerap mengakibatkan dirinya kurang tidur.
Sehubungan dengan dukungan yang cukup deras, wanita yang dipercaya menjadi kepala sekolah sejak 2008 lalu itu, kini mulai mempersiapkan diri untuk maju menjadi calon kepala desa. “Saya pikir menjadi seorang kepala sekolah jauh lebih sulit ketimbang menjadi kepala desa. Jadi, saya sudah siap mengikuti pemilihan kepala desa nanti,” paparnya.
Disinggung mengenai profesi tenaga pendidik sehubungan dengan Hari Guru ke-21 pada Selasa (25/11) lalu, wanita yang mengabdi sebagai ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa’ 28 tahun lalu itu menyayangkan keputusan pemerintah menghapuskan Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Sebagai lulusan SPG, pengalamannya membuktikan bahwa sekolah setingkat SMU tersebut merupakan tempat menggembleng para guru supaya benar-benar menjadi pendidik yang baik bagi generasi penerus.

“Di bangku SPG lah kita mendapat pedagogi atau ilmu psikologi atau kejiawaan dengan baik. Makanya, kualitas guru sekarang dengan dulu berbeda. Kalau dulu guru itu digugu dan ditiru.  Sedangkan sekarang ada yang sekadar mengajar, tidak memiliki ‘ruh’ pendidik dalam mengajar,” katanya. nga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar